BAB 9 DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
Walau komputer sekarang sangat berbeda dengan model
awalnya, semua komputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang
menggambarkan arsitektur ini disebut skema komputer (Computer Schematic). Penyimpanan komputer (Computer
Storage) ada dalam dua bentuk dasar, primer dan sekunder. Penyimpanan
primer menggunakan teknologi Intergarted Circuit untuk
menyediakan Random Acces Memory (RAM), Read Only
Memory (ROM) dan Cache Memory.
Keyboard adalah unit input komputer yang paling
populer, dan efesiensinya telah ditingkatkan dengan alat penunjuk (pointing
device). Para pemakai menyukai output yang di
tampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat dibuat oleh beragam printer dan plotter.
Output yang lebih khusus tersedia dalam bentuk respon audio dan microform. Perangkat lunak dibagi
menjadi dua kategori utama, sistem dan aplikasi. Perangkat lunak sitem meliputi
sistem operasi, program utility, dan penerjemah. Perangkat lunak
aplikasi dapat dibuat oleh spesialis informasi perusahaan atau dibeli dalam
bentuk jadi dari pemasok perangkat lunak. Perangkat lunak jadi (prewritten
software) ada dalam empat jenis utama – bisnis umum, khusus industri,
produktivitas organisasional dan produktivitas personal.
Satu alasan kepopuleran end-user computing adalah
banyak perangkat lunak aplikasi yang memudahkan pemakai (user frendly).
Kemudahan bagi pemakai ini dicapai melalui teknik-teknik seperti dialog
terpandu (guided dialogue), penjelasan sesuai konteks (context-sensitive
help), dan interface grafis bagi pemakai (graphical
user interface). Akurasi pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input. Kesalahan
input dapat dikurangi tapi tidak dapat di hilangkan seluruhnya dengan
menyatukan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan kesalahan ke dalam rancangan
sistem.
KOMPUTER SEBAGAI
ELEMEN DALAM SISTEM INFORMASI
Komputer ada dalam berbagai ukuran. Komputer besar
disebut mainframe, dan telah ada sejak awal. Mainframe adalah tulang punggung
pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintahan dan perusahaan -
perusahaan Fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya
adalah super computer. Super computer begitu penuh daya sehingga hanya berada
di organisasi - organisasi yang sangat besar, dan terutama digunakan untuk
perhitungan ilmiah.
Namun kecenderungan belakangan ini mengarah pada
komputer yang lebih kecil. Pada tahun 1970-an, trend ini dimulai dengan
komputer mini (mini computer). Komputer ini lebih kecil dari mainframe tetapi
dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar. Komputer mini diterima
dengan sangat baik sehingga pembuat komputer memproduksi rancangan yang lebih
kecil, yang disebut komputer mikro (microcomputer). Sebagian besar
sirkuit utama komputer mikro berbentuk silicon intergrated circuit cip, yang
lebih kecil dari kuku. Chip ini disebut microprocessor.
Small business computer adalak komputer mini
atau mikro multiuser yang biasa terdapat diperusahaan
kecil. Komputer personal (PC) adalah mikro yang digunakan oleh
satu orang, atau mungkin sedikit orang yang bekerja pada area yang sama.
Kemudian ada pula komputer laptop,
notebook, dan palmtop. Ini merupakan PC yang lebih kecil yang bertenaga
baterai. Berat laptop sekita empat kilogram, dan notebook sekitar dua hingga
tiga kilogram. Palmtop bahkan lebih ringan, yang terberat
sekitar 1,5 kilogram. Komputer yang lebih kecil lagi adalah pen computer.
Dinamai demikian karena kemampuannya menerima input yang ditulis pada layar
dengan pena khusus. Walau pen computer pertama dipromosikan
mampu menerjemahkan data tulis tangan, kemampuan tersebut sangat terbatas.
Sebagai pemakai menempelkan keyboard dan layar monitor
pada pen computer mereka, sehingga komputer tersebut memiliki
kemampuan input dan output konvensional.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Diagram diata disebut skema komputer (computer
schematic) dan telah ada sejak awal masa komputer. Unit - unit komputer
yang disebut perangkat keras (hardware), biasanya
dikemas dalam sebuah kotak tersendiri dan dihubungkan dengan kabel - kabel
elektris. Arus data melalui sistem digambarkan oleh panah - panah dalam gambar. Unit yang paling
penting adalah central processing unit (CPU), yang
mengendalikan semua unit sistem komputer lain dan mengubah input menjadi output.
CPU mencakup suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer (primary
storage), biasanya disebutmain memory. Primary storage berisi
data yang diolah dan program, yaitu suatu daftar intruksi yang mengolah data.
Istilah perangkat lunak (software) digunakan unuk
menggambarkan satu atau beberapa program. Unit pengendali (control
unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem dan arithmetic
and logic unit (ALU) adalah tempat
berlangsungnya oprasi perhitungan dan logika. Nama processor digunakan
untuk mengggambarkan control unitdan ALU yang mengolah isi
penyimpanan primer.
Satu atau beberapa unit input memasukkan
data ke dalam penyimpanan primer. Karena penyimpanan primer kapasitasnya
terbatas, diperlukan area penyimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan
sekunder. Penyimpanan sekunder (secondary storage)menyediakan
tempat untuk menyimpan dan data ketika tidak digunakan. Program yang disimpan
disebut koleksi perangkat lunak (software library) dan
data yang disimpan disebutdatabase. Hasil pengolahan tersebut dicatat
oleh unit output.
PENYIMPANAN PRIMER
Komputer pertama menggunakan magnetic
drum dan magnetic core untuk penyimpanan
primer. Core ini merupakan potongan – potongan material logam
kecil berbentuk donut seukuran kepala jarum yang mudah dimagnet. kawat-kawat
yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status
magneticnya.
Bit dan Byte sekarang kapasitas
penyimpanan integrated circuit diukur dalam megabit (Mb), atau
jutaan bit data. Suatu bit adalah satu posisi penyimpanan elektronik, yaitu
nyala atau mati, dan kombinasi dari bit-bit membentuk satu byte atau satu
karakter.Istilah kilobyte (Kb) digunakan untuk menggambarkan
1.000 byte. Sebenarnya karena cara pembuatan integrated circuit satu
kilobyte adalah 1.024 byte. Demikian pula satu Megabyte (Mb),
bukanlah satu juta byte tetapi 1.024 kali 1.024, atau 1.048.576 byte.
Berbagai Bentuk Penyimpanan
Primer, penyimpanan primer ada dalam berbagai bentuk yang memberikan beragam
kemampuan dalam operasi dan kecepatan. Bentuk tersebut adalah Random
Access Memory (RAM), Read Only Memory (ROM), Cache
Memory.
A.
Random Access Memory (RAM), merupakan nama yang
diberikan pada integrated circuit yang berfungsi sebagai
penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software)
dan data. RAM memungkinkan operasi baca dan tulis tetapi disebut mudah hilang
karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan.
B.
Read Only Memory (ROM), merupakan suatu jenis
khusus penyimpanan primer yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. ROM
bersifat tidak mudah hilang dalam arti isinya tidak terhapus saat daya listrik
sistem dimatikan.
C.
Cache Memory, perpindahan instruksi
program dan data antara penyimpanan primer dan processor dicapai pada kecepatan
yang sangat tinggi. Sejumlah komputer mampu mencapai kecepatan yang lebih
tinggi dengan menyertakan suatu jumlah terbatas dari RAM khusus yang sangat
cepat dan sangat mahal yang ditempatkan diantara RAM biasa dan Processor. RAM
jenis ini biasa dikenal sebagai cache memory.
ERGONOMIKA PENGGUNAAN
KOMPUTER
Ergonomika adalah penelitian mengenai pengaruh fisik dan perilaku dari
objek – objek seperti komputer dan peralatan kantor terhadap pemakainya.
Istilah human engineering dan pertimbangan
faktor manusia (human factor consideration)sangat cocok jika
berkaitan dengan penggunaan komputer. Ergonomika dapat mempengaruhi setiap
orang yang bekerja dengan komputer dalam kapasitas apapun tetapi perhatian
utama terfokus pada orang-orang yang menggunakan peralatan input dan output. Sejumlah
perusahaan atau pabrik peralatan komputer bahkan menawarkan produk khusus yang
dirancang secara ergonomis. Terdapat berbagai macam produk yang
dirancang secara ergonomis yang ditawarkan dipasaran, tetapi hasil yang efektif
hanya dapat dicapai dengan menggunakan produk standart dengan cara yang tepat.
Apple misalnya, menyertakan brosur pada peralatan yang memperingatkan dampak
buruk yang terjadi dari penggunaan yang tidak tepat.
UNIT INPUT
A.
Keyboard
Unit input yang paling populer adalah keyboard dari terminal atau komputer
mikro. Keyboard memungkinkan anda memasukkan data dengan menekan tombol -
tombol yang tepat. Mirip mesin tik, sebagian besar keyboard komputer dilengkapi
dengan sejumlah tombol tambahan. Contohnya adalah numeric keypad, yaitu tombol
- tombol yang diatur dengan pola yang sama seperti kalkulator saku untuk
memudahkan memasukkan data angka.
B.
Alat Penunjuk
Ø Mouse, suatu alat kecil dan
ringan, kira-kira seukuran setumpuk kartu, yang pas dengan telapak tangan.
Dihubungkan ke komputer dengan kabel halus, memiliki suatu bola kecil
dibawahnya dan satu, dua atau tiga tombol diatasnya.
Ø Trackball, suatu alat penunjuk
yang serupa dengan mouse kecuali bola nya berada diatas bukan dibawah.
Ø Touch Screen, sebagian layar
komputer memiliki kemampuan layar sentuh touch screen) yang memungkinkan anda
memasukkan data atau instruksi hanya dengan menyentuh layar dengan menggunakan
jari atau objek tidak transparan lain.
Ø Light Pen, digunakan untuk
menunjuk pada layar seperti cara jari menunjuk pada layar sentuh. Light pen digunakan
pada aplikasi seperti computer-aided design dancomputer-aided
manufacturing.
Ø Unit Remote Control, anda dapat
berkomunikasi dengan komputer seperti anda mengatur TV dengan menggunakan unit
remote control genggam.
C.
Alat Input Otomatisasi Data Sumber
Alat Pembaca Optis, alat yang membaca data
dengan menyinari suatu sinar terang diatas data dan kemudian menangkap citra
yang terpantul pada suatu matriks sel-sel photoelectric. Alat Pembaca Optis
biasa disebut scanner.
Alat Pembaca Magnetis, bentuk otomatisasi
pertama yang berhasil adalah magnetic link character recognition
(MICR), American Banking Association memerintahkan agar
karakter-karakter khusus dicetak dibagian bawah cek dengan menggunakan tinta
khusus.
D. Alat Input Pengenal
Suara
Sekarang memasukkan perintah atau data
ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara ke dalam mikropon yang
dihubungkan pada unit pengenal suara. Unit pengenal suara menganalisis pola
suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.
UNIT OUTPUT
A. Alat Output Tampilan
Alat output tampilan biasanya berbentuk
layar tampilan (display screen) atau juga sering disebut sebagai
layar monitor. Layar tampilan digunakan oleh semua komputer berbagai ukuran dan
hamper selalu disertai keyboard. Layar tampilan sangat bervariasu dari mulai
ukuran, resolusi dan kemampuan warna hal tersebt disesuaikan dengan kebutuhan
pemakainya. Sebagian besar layar menggunakan teknologi cathode
raytube (CRT) tetapi komputer portable menggunakan panel datar
atau flat. Teknologi panel datar terdiri dari crystal display atau
plasma display yang hanya memerlukan tempat tipis seperti tutup
komputer jinjing.
B. Alat Output Cetakan
Ada beberapa alat yang digunakan untuk
mencetak output, antara lain :
1) Line Printer, merupakan printer
komputer yang pertama kali ada. Dinamakan line printer karena
kemampuannya untuk mencetak dalam waktu yang cukup cepat, sehingga setiap kali
tampak seperti mencetak satu garis. Line printer merupakan contoh dari impact
printer.
2) Character Printer, character
printer mencetak satu karakter setiap kali.Impact character
printer yang paling popular adalah dot matrix printer, yang
mencetak karakter dalam bentuk matrix titik-titik.
3) Page Printer, merupakan
printer yang paling cepat, karena mereka terlihat seperti mencetak satu halaman
sekaligus. Yang cara operasinya mirip dengan mesin fotocopy.
C. Alat Output Suara
Walaupun input suara berkembang secara
lambat, namun output komputer berupa suara telah lama digunakan. Speech
outputunit atau audio response unit ,
dapat memilih serangkaian suara digital untuk membentuk output komputer
bersuara yang langsung dapat ditransmisikan atau melalui suatu saluran
komunikasi.
D. Plotter
Plotter dirancang untuk
menghasilkan output berupa output grafik yang
diperlukan oleh para insinyur dan ilmuan. Plotter ada dalam
berbagai ukuran model desktop kecil menghasilkan gambar seukuran kertas biasa.
Dan model besar mampu mencetak pada gulungan kertas yang lebarnya mencapai 1,2
meter.
E. Microform
Perusahaan-perusahaan dengan file
dokumen yang besar sering menyimpan dalam betuk miniature diatas film
fotografi. Nama microform diberikan untuk semua teknologi
semacam ini. Dengan microform dokumen kertas satu ruangan
penuh dapat disimpan dalam gulungan kertas atau lembaran yang muat dalam laci
kecil.
F. Output Grafik
Pemakai dapat memilih output tabel dalam
bentuk baris dan kolom informasi. Output grafik biasanya dalam bentuk diagram,
grafif dan bentuk grafis lain.
PERAN ALAT INPUT DAN OUTPUT DALAM
PEMECAHAN MASALAH
Alat input dan output menyediakan hubungan komunikasi antara manajer dan
komputer dan karenanya berperan langsung dalam pemecahan masalah. Alat input
berperan tidak langsung dalam pemecahan masalah. Dengan cara yang serupa,
banyak alat output yang mempengaruhi pemecahan masalah secara tidak langsung.
Misalnya, seorang manajer mungkin meminta anggota staffnya untuk mengumpulkan
informasi dari laporan-laporan dalam microfilm dan menyajikan ringkasannya
dalam bentuk grafik. Sehingga semua alat input dan output dapat berkontribusi
pada pemecahan masalah baik secara langsung maupun tidak langsung.
PERANGKAT LUNAK
Perangkat Lunak Sistem (system software) melaksanakan
tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai suatu komputer. Tugas-tugas
ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dijalankan
perusahaan. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem yaitu:
a) Sistem Operasi, berfungsi
sebagai interface pemakai. Sistem operasi terdiri dari
sejumlah komponen routine. Supervisor (juga
dikenal sebagai monitor atau executive) mengelola semua aktivitas
operasi sistem. Routine operasi yang lain disebut transient
routine karena disimpan dalam penyimpanan sekunder dan dibawa ke
penyimpanan primer hanya saat diperlukan.
Ada enam fungsi dasar yang dapat
dilaksanakan sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas.
2. Mengelola sumber daya
perangkat keras dan perangkat lunak.
3. Menjaga keamanan
sistem.
4. Memungkinkan pembagian
sumber daya untuk beberapa pemakai.
5. Menangani Interrupt.
6. Menyiapkan catatan
pemakaian.
b) Program Utility, suatu routine yang
memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu
yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu. Utility memungkinkan
pemakai untuk mengcopy file, menghapus file, mengurutkan isi file, dan
menggabungkan dua file atau lebih.
c) Penerjemah Bahasa
Penerjemah bahasa dapat dikategorikan
dalam beberapa generasi, antara lain sebagai berikut :
·
Bahasa Generasi Pertama – Bahasa Mesin, komputer mula-mula
diprogram dalam bahasa mesin (machine languange) atau bahasa
generasi pertama (first generation languange). Bahasa mesin
penting karena itulah satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh komputer.
· Bahasa Generasi Kedua
Assembler, assembler memungkinkan programmeruntuk
mengkodekan program dalam assembler language , assembler languagemenggunakan
nama-nama mnemonic untuk melaksanakan operasi dan nama-nama
simbolik untuk memroses data.
·
Bahasa Generasi Ketiga – Compiler dan
Interpreter, bahasa generasi ketiga ini dapat menghasilkan banyak intruksi objek
program dari satu interuksi source program. Ini berarti program
hanya memerlukan sedikit baris-baris kode.
·
Bahasa Generasi Keempat – Bahasa Alamiah, atau disingkat 4GL
mengacu pada bahasa yang memungkinkan seorang programmer atau pemakai
menginstruksikan komputer mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara
melakukannya. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query
Language
2. Modelling Language, khusus dirancang
untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level
Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program
aplikasi pembayaran gaji
Perangkat Lunak Aplikasi, Perangkat lunak aplikasi membantu pengelolaan sumber daya fisik dan
konseptual perusahaan. Hal ini dapat ditempuh dalam dua cara, yaitu membuat
program sendiri (custom programming) atau membeli paket jadi (prewritten
package).
1.
Pemrograman sendiri, sebagia besar
perusahaan yang menggunakan komputer besar memiliki staf spesialis informasi
sendiri. Tugas para spesialis ini adalah merancang sistem berbasis komputer
yang memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka adalah koleksi perangkat
lunak (software library) dari program pesanan (custom program).
2.
Paket Jadi, sejumlah paket program aplikasi jadi
yang terdapat dipasaran dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok dasar yaitu
:
a. Paket aplikasi bisnis umum
b. Paket aplikasi khusus industry
c. Paket aplikasi peningkatan produktivitas organisasi
d. Paket peningkatan produktivitas perorangan
PERANGKAT LUNAK DALAM
PEMECAHAN MASALAH
Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat berperan langsung
atau tidak langsung dalam pemecahan masalah. Perangkat lunak sistem, karena
tidak dibuat untuk operasi tertentu dari pemakai selalu berperan secara tidak
langsung. Perangkat lunak aplikasi sebaliknya dapat berperan secara langsung
maupun tidak langsung. Sebagian besar paket bisnis umum dan khusus industry
dirancang untuk berperan tidak langsung dalam menciptakan dan menangani
database yang menjadi dasar subsistem CBIS yang berorientasi pada informasi.
Sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi dan
individu hanya berpengaruh secara tidak langsung pada pemecahan masalah, dengan
menyederhanakan penciptaan transmisi data. Namun perangkat lunak produktivitas
lain seperti Spreedsheet electronic paket analisis statistic dan pemikiran
serta manajemen proyek memberikan dukungan secara langsung pada pemacahan
masalah.
MENCAPAI KEMUDAHAN BAGI PEMAKAI DALAM PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang dimaksudkan untuk end user computing harus
semudah mungkin dipelajari dan digunakan. Untuk mencapai kemudahan tersebut
perancang perangkat lunak menggunakan berbagai peralatan dan teknik dalam
beragam lingkungan perangkat keras. Dalam lingkungan mainframe dan komputer
mini, dialog terpandu (guided dialogue) dan penjelasan sesuai
konteks (context-sensitive help) memudahkan penggunaan. Dalam
lingkungan komputer mikro, interface grafis bagi pemakain (graphical
user interface) telah muncul sebagai standart tidak resmi.
A. Dialog Terpandu
Saat pemakai berinteraksi dengan suatu
program aplikasi, informasi tertentu perlu dimasukkan. Daripada mengharuskan
pemakai menghafal entry routine, program menentukan bagi pemakai informasi apa
yang harus dimasukkan, dimana memasukkannya, dan kapan memasukkannya.
Pertukaran antara pemakai dan komputer disebut dialog terpandu (guided
dialogue).
B. Penjelasan Sesuai
Konteks
Jika seorang pemakai kesulitan atau
tidak yakin pada pilihan yang ada saat menggunakan perangkat lunak, pemakai
dapat meminta suatu tampilan yang menjelaskan bagaimana mengatasi kesulitan
itu. Tampilan itu disebut help screen atau help message.
C. Interface Grafis bagi
Pemakai
Adalah suatu kemampuan perangkat lunak
untuk berkomunikasi dengam pemakai melalui grafik. Pemakai menggerakkan cursor
dilayar dengan mouse atau trackball untuk memilih icon yang diinginkan. Saat
cursor berada pada posisi yang tepat, file data atau pilihan pemrosesan dapat
diaktifkan dengan memencet tombol mouse yang tepat.
MEMINIMUMKAN KESALAHAN INPUT
Bahkan dengan semua teknik yang telah dikembangkan
untuk membantu pemakai memasukan data, kesalahan masih mungkin terjadi.
Menyadari fakta ini, perangkat lunak dirancang untuk mengurangi peluang
kesalahan dengan menyediakan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan atas
kesalahan.
A. Pencegahan Kesalahan
Layar input dapat dirancang sehingga
data tertentu yang ditampilkan tidak dapat diubah tanpa sengaja oleh pemakai.
Teknik pencegahan kesalahan yang lain adalah pemakai dapat membatakan
perintahnya dengan menekan tombol tertentu seperti tombol escape.
B. Pendeteksian Kesalahan
Saat terbaik untuk mendeteksi kesalahan
adalah saat data sedang dimasukkan, sebelum data itu berkesempatan mempengaruhi
sistem. Untuk mencapai tujuan ini, sebagian besar perangkat lunak menyertakan
edit routine yang mendeteksi pemasukan jenis data yang salah.
C. Perbaikan Kesalahan
Sebagian besar perangkat lunak
menyediakan kemampuan edit isi record data dengan memungkinkan pemakai untuk
menggerakkan cursor ke field yang salah dan mentik kembali semua atau sebagian
entry.
Komentar
Posting Komentar