BAB 2 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF
PENDAHULUAN
Dalam
upaya mencapai keberhasilan di pasaran, para manajer sangat menyadari adanya
pengaruh dari para pelanggan dan pesaing perusahaan. Mereka berusaha memperoleh
keunggulan kompetitif dengan mengelola arus informasi. Hubungan elektronik antara
komputer perusahaan dengan komputer milik elemen-elemen lingkungan memampukan
semua organisasi tersebut berfungsi sebagai suatu sistem informasi antar
organisasi.
Sumber
daya informasi perusahaan mencakup lebih dari sekedar informasi. Sumber daya tersebut
mancakup pula perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak data, para spesialis
informasi, dan pemakai informasi. Kegiatan mengidentifikasi sumber daya
informasi yang akan dibutuhkan perusahaan di masa depan, mendapatkan sumber
daya tersebut, dan mengelolanya disebut dengan perencanaan sumber daya
informasi secara strategis atau SPIR.
Saat
manajer mengetahui informasi sebagai sumber daya strategis, telah menetapkan
suatu kebijaksanaan-kebijaksanaan yang menerapkan sumber daya tersebut secara
startgis, dan membuat tindak lanjut untuk meyakinkan bahwa kebijaksanaan
tersebut telah dijalankan, dan aktivitas tersebut disebut dengan information resources management ( IRM
).
Perusahaan
dalam Lingkungannya
Sistem
fisik perusahaan adalah sistem lingkaran tertutup, dalam arti dikendalakan oleh
manajemen, menggunakan informasi umpan balik untuk meyakinkan bahwa tujuannya
tercapai. Perusahaan juga merupakan suatu sistem terbuka, dalam arti
berhubungan dengan lingkungannya. Lingkungan juga sangat berarti bagi perusahaan.
Lingkungan adalah alasan utama untuk suatu keberadaan perusahaan itu sendiri.
Pemilik perusahaan melihat perlunya penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi
kebutuhan lingkungan, dan menanamkan modalnya sehingga perusahaan dapat
melaksanakan berbagai aktivitasnya.
Delapan
Elemen Lingkungan
Lingkungan
suatu perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan yang lain.
Namun, kita dapat melihat sejumlah kesamaan dari beragam keragaman yang
mengidentifikasikan delapan jenis elemen utama yang ada dalam lingkungan semua
perusahaan. Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang
berada diluar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung
pada suatu perusahaan. Delapan elemen ini berada dalam sistem yang lebih luas
yang disebut dengan masyarakat. Diantaranya
pemasok, pelanggan, serikat buruh, masyarakat keuangan, pemegang saham,
pesaing, pemerintah, masyarakat global.
Arus
Sumber Daya Lingkungan
Sebagia besar
sumber daya yang mengalir lebih sering dari pada dengan yang lain. Tetapi tidak
semua sumber daya mengalir diantara perusahaan dengan semua elemen
lingkungannya. Contohnya, mesin biasanya tidak mengalir dari perusahaan kepada
pemegang saham, uang tidak boleh mengalir kepada pesaing, dan material tidak boleh
mengalir kepada serikat buruh. Satu-satunya sumber daya yang menghubungkan
perusahaan dengan semua elemen tersebut adalah informasi.
Keunggulan
Kompetitif
Keunggulan
kompetitif dapat dicapai melalui cara, seperti menyediakan barang dan jasa
dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih murah agar para
pembeli tertarik yang lebih baik dari para pesaing, dan memenuhi kebutuhan
khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif
mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan laverage di pasaran.
Pandangan
Awal tentang Keunggulan Kompetitif
Sejumlah
perusahaan telah mendapatkan publikasi yang luas karena menggunakan informasi
yang luas untuk mencapai keunggulan kompetitif. Beberapa di antaranya adalah
American Airlines dengan sistem pemesanan penerbangan yang disebut Sabre,
American Hospital Supply dengan jaringan EDI ( electrinoc data inter change ), dan McKesson Drug dengan sistem
distribusinya yang disebut dengan Economost.
Pandangan
Luas tentang Keunggulan Kompetitif
Suatu
perusahaan dapat memanfaatkan arus informasi ke dan dari pemasoknya dengan
membangun jaringan EDI yang memungkinkan pengiriman. Perusahaan juga
mengirimkan permintaan penawaran harga ke komputer pemasok. Pemasok secara
elektronis menyetujui pesanan pembelian dan pengiriman faktur dalam bentuk
elektronis saat barang dikirimkan.
Tidak
dapat format standar untuk hubungan elektronik dengan masyarakat keuangan,
tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusu perusahaan. Untuk elemen-elemen
lain, hubungkan dengan IOS dapat berupa media non-komputer.
Apa
Sajakah Sumber Daya Informasi
Telah
timbul pandangan lain, yaitu bahwa Anda dapat mengelola informasi dengan
mengelolanya sumber daya yang menghasilkan informasi. Dengan kata lain, dari
pada berkonsentrasi pada input ( data
) dan output ( informasi ), perhatian
seharusnya juga diberikan pada pengolah informasi ( information processor )
yang mengubah input menjadi output. Jenis-jenis sumber daya
informasi di antaranya :
·
Perangkat keras komputer
·
Perangkat lunak komputer
·
Para spesialis informasi
·
Pemakai
·
Fasilitas
·
Database
·
Informasi
Saat manajer perusahaan
memutuskan untuk menggukan informasi untuk mencapai
keunggulan kompetitif, mereka harus menyadari tiap elemen terseut sebagai sumber daya informasi.
keunggulan kompetitif, mereka harus menyadari tiap elemen terseut sebagai sumber daya informasi.
Siapa
Mengelola Sumber Daya Informasi
Pengelolaan
informasi ini ditangan disuatu unit khusus yang terdiri dari para spesialis
informasi. Unit ini, yang kita sebut jasa informasi, dikelola oleh soerang
manajer yang berstatus wakil direktur. Praktek yang umum sekarang adalah
membentuk jasa informasi sebagai suatu area fungsional utama dan menyertakan
manajer puncaknya dalam kelompok eksekutif, seperti komite eksekutif, yang
membuat keputusan-keputusan perusahaan yang penting.
Perencanaan
Strategis
Perencanaan
jangka panjang juga dikenal sebagai perencanaan
strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan
perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta
menentukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Pentingnya perencanaan
strategi padda manajemne tingkat atas merupakan alasan Robert Anthony menamakan
tingkat itu tingkat perencanaan strategis.
Perencanaan
strategis fungsional adalah salah satu suatu pendekatan bagi perencanaan
strategis fungsional yang artinya setiap area menepatkan rencananya sendiri
secara independen dari yang lain. Namun, pendekatan ini tidak menjamin bahwa
area-area tersebut akan bekerja sama sebagai subsistem yang terpadu.
Perencanaan
Strategis Sumber Daya Informasi
Selama
tahun-tahun terakhir ini, jasa informasi mungkin telah mencurahkan lebih banyak
perhatian pada perencanaan strategis dari pada sebagia besar area yang lain. Transformasi kumpulan strategi adalah
suatu yang mendasarkan pada rencana pada tujuan strategi perusahaan. Suatu
rencana jasa informasi yang dibuat untuk mendukung tujuan tujuan perusahaan
disebut kumpulan strategi SIM ( MIS strategy set ) dan penndekatan ini
yang dinamakan dengan transformasi
kumpulan strategi ( strategy set
transformation ).
Kekurangan
dasar dalam transformasi kumpulan strategi adalah kenyataanya ada area-area
fungsional tidak selalu memiliki sumber daya untuk menjamin tercapainya suatu
tujuan yang startegis bagi perusahaan. Namun, pada umumnya pendekatan ini masih
dipakai bahkan oleh perusahaan-perusahaan yang sangat berhasil.
End-User
Computing sebagai
Masalah Starategi
Tidak
semua orang yang ikut serta dalam EUC memiliki tingkat pengetahuan komputer
yang sama dengan yang lain. Para pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi
empat golongan berdasarkan kemampuan komputer mereka diantara yaitu pemakai
tingkat akhir menu, pemakai tingkat akhir perintah, pemakai akhir tingkat
programer, personil pendukung fungsional.
Jenis-jenis aplikasi pemakai akhir :
·
Sistem pendukung keputusan ( DSS ) yang
relatif rendah
·
Aplikasi otomatisasi kantor yang
memenuhi kebutuhan perseorangan
Manfaat End-User
Computing
·
Pemindahan beban kerja
·
Kesenjangan komunikasi
Resiko End-User
Computing
·
Sistem yang buruk sasarannya
·
Sistem yang buruk rancangan dan
dokumentasinya
·
Penggunaan sumber daya informasi yang
tidak efisien
·
Hilangnya integritas data
·
Hilangnya keamanan
Konsep
Manajemen Sumber Daya Informasi, aktivitas yang
dijalankan oleh manajer oelh semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan
mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumber daya informasi yang
diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai. Elemen-elemen IRM yang diperlukan
:
·
Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif
dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul
·
Kesadaran bahwa jasa informasi adalah
suatu area fungsional yang utama
·
Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif
puncak
Model IRM adalah sebagai berikut :
·
Lingkungan perusahaan
·
Eksekutif perusahaan
·
Area fungsional
·
Sumber daya informasi
·
Pemakai
ok bab 3 saya tunggu sampai sore ini
BalasHapus